Think Black: Sebuah Seni Berpikir Kreatif

Oleh : Dodi Faedlulloh

Di dalam kehidupan sehari-hari kata hitam terkadang berkonotasi negatif dan identik dengan hal-hal yang buruk. Boleh lah kita lihat contoh dalam keseharian kita seperti kata dunia hitam, ilmu hitam,dan semua konsep yang dihubungkan dengan kata hitam berubah makna menjadi sesuatu yang bernilai negatif. Dalam banyak kebudayaan, kata hitam sering termanisfestasi sebagai sesuatu hal yang buruk.Tradisi yang sudah turun menurun memang sangat sulit untuk dirubah apalagi untuk dihilangkan.

Tapi tak selamanya hitam selalu berarti negatif perlu diingat hitam juga merupakan simbolisasi dari ketegasan. Hitam juga bersifat kuat dan merupakan warna yang dominan sehingga tidak mudah dikotori warna lain.


Jadi teringat slogan dari salah satu produsen rokok ternama, djarum black yaitu “think black”. Black (hitam dalam bahasa indonesia) disini sama sekali tidak bermakna negatif, seperti yang sering diperlihatkan dalam iklan-iklan djarum black yang muncul ditelevisi. Hemat saya think black merupakan cara pemikiran dalam menanggapi suatu permasalahan secara sederahana tapi tetap kritis,inspiratif, inovatif dan solutif tentunya

Adakalanya manusia terjebak dalam suatu permasalahan, dan tak sedikit orang yang justru semakin terjatuh lebih dalam karena tidak bisa berpikir bagaimana mencari jalan keluar. Dan sayang bila hal ini terjadi justru diakibatkan oleh pemikiran yang terpenjara dan tersekat untuk selalu berpikir(terlalu) luar biasa yang bisa mengarahkan kepada kebuntuan, padahal masih ada alternatif lain yang dimana lebih mudah, lebih sederhana dan lebih efesien.

Saya sengaja menggenerelasikan semua permasalahan, diasumsikan mempunyai nilai yang sama. Bila kita dihadapakan dengan suatu permasalahan baik yang berat atau ringan tentu harus diatasi dengn hati yang dingin dan penuh ketenangan. Karena keterburu-buruan dalam mengatasi masalah bukan suatu hal yang baik, yang muncul justru bukanlah pemikiran jernih malah hasil dari emosi jiwa yang tak terkendali yang bisa berakibat fatal.

Think black adalah seni berpikir logis dan kreatif. Bisa dijadikan solusi bijaksana dalam mengatasi suatu hal. Tak hanya ketika menghadapai permasalahan, think black bisa dilakukan dalam kondisi ketika seseorang ingin menggali dan meng-explore inspirasi untuk berbuat dan membuat sesuatu. Bisa kita lihat para peserta dari salah satu acara yang diselenggarakan djarum black, blackinnovationawards. Bisa disebut hasil karya mereka adalah buah dari seni berpikir “think black” para peserta. Berawal dari pemikiran sederhana namun hasilnya sangat brilian. Imajinasi kreatif mereka dikonversi menjadi suatu karya yang sangat bernilai.

“Janganpernah berhenti untuk berpikir !”, itulah kiranya kata penutup dari Saya. Maksud dari risalah kecil ini tiada lain hanya untuk bertukar pikiran dan berbagi curah gagasan, karena sesungguhnya masih banyak hal yang saya tak ketahui , tapi tak ada salahnya bukan jika kita memliki setitik pengetahuan untuk dibagikan. Semoga bermanfaat. Salam.

2 komentar:

Teknologi Indera Keenam mengatakan...

hitam itu elegan boz, percaya diri dan konsisten serta melambangkan sesuatu yang berkarakter dan berprinsip. hheheh gw bgt..
maen ke blog ku yah.

Otong mengatakan...

Semoga berhasil untuk kontes nya.. Good luck sob..

 
Creative Commons License
All contens are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.

Creative Commons [cc] 2011 Dodi Faedlulloh . Style and Layout by Dodi | Bale Adarma